Rabu, 09 Oktober 2019

Segini Gaji TKI di Korea Selatan

Segini Upah TKI di Korea Selatan

Jakarta - Buat Anda yang tertarik untuk kerja di Korea Selatan sebaiknya untuk melihat buku yang dicatat oleh M. Aji Surya Koordinator Peranan Konsuler KBRI Seoul bersama dengan dua orang partnernya.

Buku itu berjudul Strategi Sukses Kerja di Korea yang dicatat bersama dengan Suray satu orang mahasiswa doktoral yang sedang tempuh pendidikan di Korsel serta Wawan TKI yang kerja di Korsel.

Aji Surya memvisualisasikan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Korea Selatan ialah TKI yang paling untung di dunia.

Tidak hanya ditata lewat pola government to government dengan screening yang ketat mereka ialah beberapa pekerja asing yang benar-benar dihormati jadi simpatisan pembangunan Negeri Kimchi.

Hak serta keharusan mereka juga disejajarkan dengan masyarakat lokal. Belum juga perlindungan oleh perwakilan Indonesia dikerjakan semaksimal mungkin.

Menurut dia upah fundamen TKI di Korsel sebesar 1 35 juta won atau rata-rata Rp14 juta. Disiapkan rumah plus makan 2x. Diluar itu ada asuransi yang benar-benar mencukupi.

Bila mereka rajin lembur ditambah lagi pada hari libur karena itu upah yang diterima dapat Rp25 juta—Rp30 juta per bulan. “Jumlah ini mungkin cukup berkompetisi dengan take home pay eselon dua di BNP2TKI ” katanya lewat infonya Kamis 25 Mei 2017.

Dalam satu survey yang dikerjakan KBRI pertengahan tahun kemarin rata-rata TKI di Korsel atau seputar 58 % punya potensi menabung rata-rata Rp15 juta. Hingga di atas kertas gw dapat katakan jika mereka kerja disana seperti dalam kontrak biasanya 4 tahun 10 bulan uang yang dikantongi paling tidak Rp870 juta.

“Itu dengan mengalkulasi satu tahun 12 kali gajian lho. Walau sebenarnya senyatanya saat pabrik kebanjiran order sering mereka memperoleh penambahan penghasilan sampai tujuh bulan upah. Jika telah ini karena itu upah PNS di Indonesia juga dapat dilibas oleh TKI kita di Korea. Alhamdulillah ” katanya.

Masih merujuk data survey ada satu fakta yang demikian memikat. Sekitar 92 % beberapa bos atau pemilik perusahaan atau diketahui dengan arti “sajang” di Korea mengatakan benar-benar senang pada kapasitas beberapa TKI.

Hal yang paling disenangi ialah sebab mereka rajin kerja (71 %). Catatannya 59 % sajang mengatakan TKI kita masih lemah dalam soal bahasa Korea serta itu di konfirmasi oleh beberapa TKI.

BISNIS.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar